Friday 3 June 2011

Saingi Apple, Google Rilis Kios Aplikasi

VIVAnews – Tak mau kalah dengan Apple, raksasa mesin pencari di dunia maya, Google Inc, juga merilis toko online serupa bagi pengguna yang ingin mengunduh aplikasi atau konten lainnya.

Melalui aplikasi Chrome, Google akan menyuguhkan aplikasi web untuk browser Chrome dan pengguna OS, mirip seperti yang disajikan Apple untuk perangkat iPhone dan iPad-nya.

Upaya ini diakui Google sebagai langkah untuk mewujudkan misinya menjadi situs pusat media dan hiburan di jagad maya, di samping mengandalkan iklan di Internet.

“Iklan di dunia maya merupakan hal yang sangat penting. Tetapi, Google ingin menciptakan alternatif lain,” ujar Vice President Google, Sundar Pichai, yang dikutip dari Telegraph, Sabtu 22 Mei 2010.

Diberi tajuk Chrome Web Store, Google akan membukanya dalam waktu dekat agar pengguna Internet dimudahkan untuk mencari dan membeli aplikasi berbasis Web hanya dengan satu klik.

Gagasan serupa sudah ditiru sebelumnya oleh Research In Motion.

Toko online yang menyajikan aplikasi gratis dan berbayar untuk pengguna BlackBerry itu dirilis sekitar tahun lalu. Sama halnya dengan Apple App Store, BlackBerry Application World juga menawarkan aplikasi dan konten khusus pengguna ponsel pintar BlackBerry.

Google pun mempunyai Android Market untuk pengguna ponsel-ponsel berbasis OS Android. Namun, untuk aplikasi berbasis Web, perusahaan mengandalkan Chrome Web Store.

Untuk diketahui, perusahaan yang berkantor di Mountain View, California, ini mengklaim telah memiliki sekitar 70 juta pengunjung setiap harinya. Jumlah ini meningkat stabil dibandingkan akhir semester I-2009, di mana Google hanya mencatat sekitar 30 juta pengunjung.

1 Comment:

Aang said...

sep

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms